langkah yang dapat dilakukan oleh seorang manajer
1.
Berikut adalah langkah yang dapat
dilakukan oleh seorang manajer bank untuk mengatasi konflik antar karyawan.
a)
Menghadapi konflik
Mengakui
adanya konflik mungkin cara terbaik untuk menyelesaikannya. Setelah para
manajer mangakuinya, para manajer akan lebih mudah untuk mengantisipasi masalah
ini dan mencari cara untuk menanganinya.
Konflik antar
karyawan bisa berkembang menjadi masalah yang sangat serius dan jika dibiarkan,
masalah tersebut dapat memengaruhi kinerja, produktivitas, moral, dan karyawan.
b)
Identifikasi masalah
Mengetahui
apa jenis masalahnya dan apakah mereka mengetahui apa masalahnya dan apakah
mereka sudah mencapai titik kritis? sangatlah penting untuk menentukan apakah
intervensi/mediasi sangat diperlukan. Ingatlah, sebelum mengambil sebuah
langkah, cobalah untuk memperjelas masalah dan fakta dari perselisihan
tersebut.
c)
Komunikasi adalah kuncinya
Ciptakanlah
lingkungan di mana staf mudah didekati dan mereka secara bebas bisa
membicarakan keluhan. Konflik sering kali dapat dicegah sejak dini dengan cara
memberikan setiap pihak kesempatan untuk mengkomunikasikan keluhan dan kekhawatiran
mereka.
d)
He said, she said
Pastikan
Anda menemui kedua belah pihak secara bersamaan dan bersikap netral. Bertindak
sebagai mediator dalam suasana yang tenang di mana kedua belah pihak merasa
didengar adalah cara yang bagus untuk meredakan situasi yang mudah menguap.
Semoga Anda bisa mengetahui akar dari konflik tersebut dan menemukan solusi
yang baik.
e)
Tegas tapi adil
Walaupun
bukan ide yang baik bagi seorang manajer untuk ikut campur dalam perselisihan
yang ada di kantornya, sangatlah penting untuk menerapkan peraturan dan
kebijakan perusahaan. Cobalah untuk tidak menyalahkan atau membagi kesalahan
pada setiap karyawan, tujuan Anda harus untuk mengatasi masalah itu sendiri.
0 Response to "langkah yang dapat dilakukan oleh seorang manajer"
Post a Comment