Cara Penanaman Bunga Anggrek Tebu Cepat Berbunga

Cara Penanaman Bunga Anggrek Tebu Cepat Berbunga | belajartanisukses.blogspot.com bertemu lagi dengan admin, kali ini saya akan memberikan bocoran tentang cara penanaman bunga yang langka di indonesia yaitu bunga anggrek tebu, langsung aja baca caranya di bawah ini.


Bunga Anggrek Tebu


Budidaya tanaman hias memang menjadi salah satu peluang usaha yang prospektif. Masyarakat selalu membutuhkan tanaman hias untuk mempercantik dan memperindah hunian mereka. Selain untuk menghias rumah, beberapa jenis tanaman hias juga banyak digunakan sebagai apotek hidup.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang ada di pasaran. Dari kaktus, euphorbia, kamboja, hingga anggrek. Khusus untuk anggrek, bunga yang satu ini memiliki jenis yang cukup banyak dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Tak kurang dari puluhan ribu jenis spesies anggrek telah dikenali dan ribuan lainnya telah dibudidayakan.

Salah satu jenis anggrek yang cukup unik dan populer di kalangan pecinta bunga anggrek adalah anggrek jenis Grammatophyllum. Kuntum-kuntum bunga anggrek jenis Grammatophyllum tersusun dalam tandan yang indah. Ciri lain adalah bunganya yang bercorak loreng-loreng.


Jenis dari anggrek Grammatophyllum bisa dibedakan ke dalam beberapa spesies lagi seperti Grammatophyllum Scriptum, Grammatophyllum Stapeliaeflorum, dan yang paling terkenal adalah Grammatophyllum Speciousum.

Grammatophyllum speciousum bisa disebut juga dengan anggrek tebu. Hal utama yang membedakan anggrek tebu dengan jenis anggrek lainnya adalah ukurannya. Anggrek tebu adalah jenis anggrek terbesar dan terberat diantara jenis-jenis anggrek lainnya.
Mengapa di juluki anggrek tebu ?
Dijuluki anggrek tebu karena bentuk batang dari bunga ini yang menyerupai pohon tebu. Tak jarang banyak orang yang menyebut anggrek tebu sebagai anggrek raksasa karena ukurannya yang jumbo tersebut. Anggrek tebu ini bisa ditemui di kawasan Asia Tenggara, meliputi Negara-negara seperti Vietnam, Thailand, laos, Malaysia, Mynamar dan juga Indonesia.

Anggrek tebu memiliki panjang hingga 3 meter dan beratnya bisa mencapai 1 ton. Besarnya bunga dari anggrek tebu ini bisa mencapai 6 inch, dengan warna bervariasi dari kuning hingga merah. Anggrek ini memang terbilang langka dan susah ditemui. Panjang gagang bunga dapat mencapai 10-15 cm dengan 60-100 kuntum per tangakai.

Di Indonesia sendiri, anggrek tebu ini termasuk dalam flora yang dilindungi oleh pemerintah. Bunga ini sangat dilindungi karena jumlahnya sangat terbatas dan sangat langka. Anggrek ini hanya bisa ditemui di dalam hutan-hutan tropis. Pertumbuhannya pun juga liar.

Budidaya anggrek tebu bisa dibilang belum banyak dilakukan oleh para petani bunga anggrek. Selain karena kelangkaannya, bibit dari bunga ini sulit dicari. Untuk mendapatkan bibit bunga anggrek tebu kadang para pecinta bunga anggrek mesti keluar masuk hutan. Ini karena sifat anggrek tebu yang masih liar dan tumbuhnya yang sangat lama.

Salah satu cara untuk membudidayakan anggrek tebu adalah dengan kultur jaringan. Meskipun begitu, tak semua proses kultur jaringan bisa berhasil. Peluang untuk mendapatkan bibit anggrek tebu baru dengan teknik kultur jaringan bisa dibilang 50:50.

Selain langka, masalah lain yang kerap dihadapi dari anggrek tebu adalah lamanya pertumbuhan. Untuk mendapatkan bunganya, kita mesti menunggu 1 hingga 2 tahun. Setelah tumbuh, anggrek ini menghasilkan banyak bunga yang bisa bertahan hingga 3 minggu. Setelah itu anggrek tebu ini akan berbunga lagi setahun kemudian.
Untuk menekan perburuan anggrek tebu yang sudah langka ini perlu dilakukan upaya konservasi. Upaya ini bisa dilakukan dengan budidaya anggrek tebu dengan memanfaatkan metode kultur jaringan. Berikut ini cara sederhana menanam anggrek tebu dengan baik dan benar yang sekaligus bisa dijadikan upaya konservasi.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Anggrek Tebu Cepat Berbunga

  • Menyiapkan Bibit
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit anggrek tebu ini. Karena memang tidak diperjual belikan, agak susah untuk mencari bibit anggrek ini secara bebas. Untuk mendapatkan bibit ini kita memang harus berburu ke hutan. Anggrek tebu biasanya hidup secara liar dan bisa ditemui di dalam hutan. Kita juga bisa meminta atau membeli bibit anggrek ini ke orang atau komunitas yang sudah melakukan konservasi terhadap bunga anggrek ini lebih dulu.
  • Menyiapkan Media Tanam
Selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang bisa digunakan seperti pakis atau agar lebih berhasil kita bisa menggunakan gel khusus di dalam botol. Media tanam memang tak boleh sembarangan karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan anggrek ini.
  • Penanaman Bibit
Setelah itu kita bisa langsung melakukan proses penanaman. Penanaman harus dilakukan hati-hati. Jika menggunakan media pakis, masukkan bibit ke dalam pot berlubang yang sudah terisi bahan pakis. Jika menggunakan gel khusus, gunakan botol-botol berukuran kecil yang muat untuk dimasuki oleh bibit anggrek tebu. Keberhasilan dari penanaman ini memang tak sampai 100%, oleh karena itu harus ada treatment khusus.

Itu tadi cara menanam anggrek tebu dengan baik dan benar yang bisa dilakukan sebagai upaya konservasi. Jika bibit anggrek sudah tumbuh, kita bisa mengeluarkan dan menaruhnya di sela-sela pohon agar ukurannya bisa tumbuh lebih besar. Di habitat aslinya, anggrek tebu memang sering berada di sela-sela pohon secara liar.

Setelah bibt bisa tumbuh, kita harus sabar dalam perawatannya. Ini karena anggrek tebu butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan bunga. Butuh waktu antara 2-3 tahun agar anggrek tebu ini berbunga. Cukup lama jika dibandingkan dengan jenis anggrek yang lain.

Setelah bunganya berhasil tumbuh, jangan lupa untuk melaporkan ke otoritas yang berwenang. Seperti yang sudah disebutkan di awal, anggrek tebu ini termasuk flora yang langka serta dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Memperjual belikan secara illegal tentu akan mendatangkan masalah, oleh karena itu alangkah lebih baik jika melaporkan terlebih dahulu.

Anggrek tebu atau Grammatophyllum speciousum merupakan jenis anggrek yang sangat terkenal di kalangan pecinta bunga anggrek. Keunikan ditambah dengan kelangkaan membuat anggrek ini menjadi buruan utama para pecinta anggrek. Untuk menjaga kelestariannya baiknya para pecinta anggrek melakukan upaya konservasi untuk melindungi anggrek tebu ini.

Demikian yang dapat saya sajikan tentang Cara Penanaman Bunga Anggrek Tebu yang baik untuk anda.

0 Response to "Cara Penanaman Bunga Anggrek Tebu Cepat Berbunga"

Post a Comment