Cara Penanaman Belimbing Wuluh Di Perkebunan

Cara Penanaman Belimbing Wuluh Di Perkebunan | Hay sobat kawan tani sukses, bersama lagi dengan blok kami, disini saya menyediakan bagaimana cara menanam pohon belimbing wuluh di sekitar karangan rumah agar dapat bermanfaat dan tidak menjadi pekarangan yang nganggur. share sekarang juga.

Cara Menanam Belimbing Wuluh
Cara Penanaman Belimbing Wuluh
Pohon Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan tanaman jenis belimbing yang bernutri baik, dengan adanya tanaman disekitar rumah atau karangan. kita tidak perlu repot mencarinya kemana - mana. cukup di perkebunan saja. Yuk langsung baca

Cara Penanaman Belimbing Wuluh Di Perkebunan dan Perawatan

  • Memilih Bibit Belimbing Wuluh yang Berkualitas
Persiapkan dulu bibit belimbing wuluh yang akan kita tanam. Untuk mendapatkan bibit kita bisa mencangkok, menempel atau okulasi dari pohon belimbing induknya atau jika tidak ingin ribet biasanya tersedia di toko bibit buah-buahan, sahabat tinggal membelinya. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit tentu harus yang berkualitas. Pilihlah bibit yang sehat segar yang bebas dari hama penyakit tanaman, berdaun hijau segar tidak kuning dan layu, batang yang kokoh tidak kecil dan kering, mempunyai dahan rindang.
  • Memilih Lokasi Penanaman
Jika kita belimbing wuluh ditanam di dataran tinggi bersuhu rendah, tanaman ini tidak dapat tumbuh secara optimal, suhu yang dingin akan menghambat pembuahan sehingga dapat menghasilkan buah yang tidak matang pada waktunya, ukurannya kecil dan rasanya tidak enak. Tanaman ini cocoknya di tanam dataran rendah bersuhu panas sekitar 30-35ºc dan pilihlah lokasi yang sesuai kriteria seperti bersih dari rumput-rumput liar, area tidak sempit, tanah cukup gembur dan kaya dengan unsur hara, lokasi tanam jangan ternaungi, harus mendapatkan sinar matahari full.
  • Membuat Lubang Tanam
Setelah menentukan lokasi penanaman, langkah selanjutnya adalah membuat lubang penanaman bibit belimbing wuluh. Penggalian lubang dilakukan dengan menggunakan cangkul dengan ukuran 50x50x50cm. Siapkan juga tanah+kompos+sekam diaduk sampai tercampur untuk menutup lubang tanam setelah bibit diletakan dilubang tanam, supaya area disekitar penanaman banyak nutrisi bagi tanaman belimbing.
  • Mengistirahatkan Lahan
Lubang tanam diistirahatkan selama 2-3 harian dengan tujuan menghilangkan gas-gas beracun yang ada pada lubang tanam. Campuran tanah+kompos+sekam juga diistirahatkan dan dijemur agar terhindar dari bakteri pembawa penyakit pada tanaman.
  • Mulai Menanam
Langkah selanjutnya saatnya menanam bibit belimbing wuluh. Ambil bibit belimbing wuluh yang sudah disiapkan, jika bibit didapatkan dari toko bibit, biasanya sudah tertanam dalam polybag. Media polybag di sobek dengan hati-hati jangan sampai perakaran putus, dan letakan pada lubang tanam yang telah disediakan. Posisikan bibit secara tegak lurus jangan sampai posisi miring.
  • Menutup Lubang Tanam
Kemudian bibit yang sudah diletakan dilubang tanam, segera tutup dengan campuran tanah+kompos+sekam yang telah dipersiapkan tadi. Agar bibit kokoh, media penutup kita padatkan sedikit bisa dengan menginjak-injak jangan terlalu keras dan terlalu padat, karena akan menghambat perkembangan akar.
  • Penyiraman
Jika langkah diatas sudah selesai, kita tinggal berikan penyiraman pertama pada tanaman belimbing. Penyiraman dilakukan pada keseluruhan tanaman serta media tanamnya hingga benar-benar meresap, namun jangan sampai berlebihan. Untuk hasil yang optimal bisa dengan menggunakan embrat dalam penyiramannya.
  • Memasang Ajir
Dianjurkan juga untuk memasang ajir, sebab ajir berguna untuk menopang tanaman baru agar terhindar dari posisi tanaman menjadi miring atau roboh yang bisa diakibatkan dari terpaan angin yang kencang atau gangguan hewan. Ajir bisa terbuat dari bambu dengan ukuran 1,5 meter.
  • Pemupukan Rutin
Faktor yang paling penting dalam menaman tanaman adalah pemberian pemupukan secara rutin. Tanaman dapat tumbuh dengan baik apabila asupan nutrisinya tercukupi. Tak hanya tumbuh dengan baik, tanaman pun akan kebal dari serangan penyakit. Beberapa komposisi pemupukan yang akan saya berikan, ada 2 versi yakni bisa dengan cara organik atau kombinasi kimia.
  1. Cara Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk kandang + 1 sdt POC BMW
  2. Cara Organik : 1 sdm KOCOR BMW + 1 sdt POC BMW
Baca Juga :
Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh Kita 
Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil
Usahakan pemupukan rutin dilakukan 1 bulan sekali.
  • Mempercepat Munculnya Bunga/Buah
Tanaman belimbing wuluh akan bisa kita nikmati buahnya sekitar 3-5 tahunan. Namun untuk mempercepat pembuahan kita bisa memberinya hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah akan memacu tumbuhnya bunga/buah pada tanaman, insyaalloh kurang dari 3 tahun belimbing wuluh bisa berbuah. Hormon perangsang yang tidak asing lagi yaitu POC BMW. POC BMW dapat merangsang munculnya buah lebih cepat pada tanaman buah. Pengaplikasian POC BMWdengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air, intervalnya 7-10 hari sekali.
  • Perawatan
Perawatan lain yang perlu dilakukan yaitu, penyiraman 1-2 kali sehari namun tergantung dengan kelembaban tanahnya, jika ada rumput-rumput yang rumbuh disekitaran tanaman harus dibersihkan.
  • Mengatasi Hama
Hama yang sering mengganggu tanaman belimbing wuluh, seperti lalat buah Dacus pedestris yang menyerang pada buah-buah di waktu muda. hama ini bisa menghabiskan pucuk daun sampai pohon belimbing menjadi gundul. Apabila hama merajalela segera aplikasikan dengan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan.
Itulah Cara Menanam Belimbing Wuluh dipekarangan yang dapat kalian praktekkan langsung dirumah. Selamat mencoba. terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Penanaman Belimbing Wuluh Di Perkebunan"

Post a Comment