Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil

Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil | Bertemu lagi dengan saya usaha tani, pada kesempatan kali ini saya berbagi manfaat makanan buah yang sehat buat kesehatan kandungan ibu ibu dirumah. Yuk share ilmu nya dibawah ini.

Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil
Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil



Pola makan teratur dan makanan bernutrisi sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan bayi nantinya. Setiap apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh bagi janinnya. Apel merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat yang direkomendasikan untuk anda.
Hal ini dikarenakan beberapa manfaat yang diberikan oleh buah yang identik dengan warna merah cinta ini. Sebenarnya apel memiliki banyak varian warna, ada yang berwarna hijau, kuning sampai merah maron. Semua memiliki rasa yang berbeda, ada yang asam sampai manis, tergantung selera kita masing-masing mau pilih yang mana. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang perlu anda ketahui.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Ibu Hamil

  • Buah Sehat
Kandungan nutrisi dan vitamin serta mineral dalam buah apel akan mencukupi kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin. Buah apel mempunyai tekstur yang renyah sehingga memakannya harus mengunyah, dan mengunyah ini juga bagus karena bisa mberfungsi sebagai senam wajah dan menjaga ke aktifan otot sekitar mulut.
Kandungan pemanis dalam apel bisa masuk kedalam darah dan menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Apel juga menstabilkan insulin serta mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
  • Melindungi Paru-Paru dan Mencegah Asma
Manfaat apel yang kedua adalah dapat melindungi paru-paru dan mencegah asma. Dengam demikian makan ibu hamil akan lebih sehat juga anak dalam kandungan. Wanita hamil yang mengkonsumsi rutin buah apel akan memberikan kesehatan yang baik bagi dirinya dan bagi anak yang dikandungnya, menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah terjadi asma.
  • Apel Menghilangkan Kolesterol
Apel mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat, kandunganpektin dan polifenol (anti-oksidan) dapat mengikis dan menghilangkan kadar koelsterol jahat dalam darah serta mencegah terjadinya oksidasi LDL dalam tubuh, ini akan membuat tubuh anda awet muda.

Jika anda mengkonsumsi apel usahakan yang bebas pestisida sehingga anda bisa mengkonsumsi kulitnyaj juga, karena kulit buah aple mengandung anti oksidan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan dalam buah apel.
  • Apel Malawan Kanker
Apel dapat melawan kanker. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan beberapa senyawa dalam buah apel mampu melawan benih sel kanker. Para peneliti mengatakan bahwa orang yang suka mengkonsumsi dan sering mengkonsusmi apel berpotensi untuk mencegah terjadinya kanker hingga 42Z%.
  • Mencegah Alzeimer di Kemudian Hari
Kandungan Asetilkolin pada pada apel  dapat mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf. Jadi buah apel bisa menjadi buah yang mampu menjaga ketajaman otak seseorang yang terus mengalami penurunan daya ingat dari oksidasi alam.
  • Mengatasi Sembelit dan Diare
Pada masa proses kehamilan akan sangat menyusahkan jika anda sampai susah buang air besar. Apalagi jika salah makan, akan sangat menguras energi ibu hamil. Salah satu mengatasinya yakni dengan  mengkonsumsi apel yang kaya serat. Fungsi serat tersebut yakni untuk melancarkan sistem pencernaan anda. Cocok untuk dikonsumsi setiap hari.
  • Mengurangi Bengkak pada Tubuh
Bukan hanya perut saja yang membesar, namun beberapa anggota tubuh lain juga ikut membesar dan ini sudah menjadi kebiasaan Ibu hamil. Untuk wanita pada umumnya sangat tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang membengkak, terutama pada bagian kaki yang terjadi pada ibu hamil. Untuk itu cara mengatasinya dengan mengkonsumsi apel.
Manfaat apel untu ibu hamil yang mengkosumsinya setiap hari, akan menurunkan pembengkakan pada area tertentu seperti kaki bengkak saat hamil, tangan, siku, dan anggota tubuh lainnya. Bukan hanya menyehatkan anda, namun juga menyehatkan janin.

  • Mengurangi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Wanita dimasa kehamilan akan mudah emosional, oleh karena itu tekanan darahnya tidak stabil. Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk ibu hamil seperti apel ini setiap hari. Kandungan apel memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Dengan begitu mampu mengontrol tekanan darah yang semula tinggi menjadi normal. Lebih disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

  • Mengurani Rasa Mual dan Muntah
Ibu hamil akan merasa sangat sensitif pada perutnya. Hal ini disebabkan karena asam lambung yang meningkat, sehingga memberikan efek rasa mual dan muntah di perut. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi apel setiap hari. Nutrisi dalam apel memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam pada buah tersebut mengurangi rasa mual dan muntah pada perut. Penurunan asam tersebut, maka rasa mual akan teratasi. Maka tak salah lagi jika banyak ibu hamil yang menyukai makanan asam, saat tanda tanda kehamilan awal.
  • Mengurangi Kemungkinan Bayi Prematur
Manfaat apel untuk ibu hamil dapat mengurangi resiko dan kemungkinan bayi lahir prematur. Penyebab umumnya kelahiran prematur adalah saat ibu mengalami sekresi empedu berlebih, sehingga mengalami komplikasi. Solusi yang baik adalah dengan mengkonsumsi apel hijau setiap hari. Selain itu, juga bisa membantu proses kelahiran bayi.
  • Mengurangi Resiko Stroke
Selain memberi manfaat untuk sang buah hati, apel juga menyehatkan sang ibu. Dalam apel terdapat banyak kandungan mineral, salah satunya mineral yang baik untuk menjaga tulang tulang dan menyehatkan tulang. Sehingga kita akan terbebaskan dari penyakit tulang seperti stroke.
  • Menjaga Nafsu Makan

Karena sering mual, maka Ibu hamil akan malas untuk makan. Padahal pada bulan-bulan awal kehamilan, gizi ibu hamil harus selalu dijaga. Kalau nutrisi untuk Ibunya sendiri kurang, maka nutrisi untuk anak di perut Ibu juga kurang. Maka menjaga pola makan teratur dan sehat sangat diperlukan. Salah satunya dengan mengkonsumsi apel sudah mencukupi nutrisi. Selain itu, apel hijau mampu meningaktkan nafsu makan.
  • Meringankan Pegal Tubuh
Ketika Ibu hamil, maka seluruh tubuhnya akan membopong calon buah hati kemana-mana. Tentu saja membuat Ibu merasa lelah dan capek. Tekanan dan berat terus bertambah, membuat Ibu Hamil semakin kepayahan. Rasa nyeri sendi sudah tidak terelakan. Apel memang tidak mampu menghilangkan nyeri tersebut, namun manfaat apel untuk ibu hamil mampu membantu meredakan rasa nyeri, sehingga ibu hamil akanselalu  terlihat fit. Untuk fungsi ini yang paling berperan adalah apel hijau.
  • Mencukupi Kebutuhan Protein
Apel merupakan salah satu sumber protein nabati untuk tubuh. Selain berasal dari kacang-kacagan, ternyata manfaat protein juga bisa diperoleh dari protein nabati dari buah apel hijau.

  • Mengurangi Resiko Diabetes
Keluhan penyakit dan rasa sakit memang sudah biasa di usia kehamilan. Salah satunya adalah penyakit gula atau diabetes dengan jenis Diabetes Gestational. Cukup riskan penyakit ini jika mengenai diri dan janin di perut, karena mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Untuk itu konsumsilah apel hijau yang mampu mengontrol kadar gula darah anda.
  • Menyehatkan Kulit
Masa kehamilan biasanya membuat malas ibu hamil untuk memperhatikan tubuh. Mungkin juga sedikit mengabaikan masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, maupun kulit kering. Salah satu solusi yang dapat ibu hamil lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah apel hijau. Dalam nutrisi apel hijau terdapat banyak vitamin yang mampu menjaga kehalusan dan menyehatkan untuk kulit, dan merupakan cara menjaga kehamilan dengan nutrisi yang sehat.
Itulah Manfaat buah apel buat ibu hamil yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kita semua, terutama ibu hamil agar sehat.
Baca Juga :
Manfaat Buah Apel Untuk Bayi Agar Sehat 
Manfaat Buah Apel Untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan Terbaik

0 Response to "Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment