Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka atau Kantil Terbaik

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka atau Kantil Terbaik | Di Indonesia Bunga ini disebut dalam bahasa jawa yaitu bunga kantil, Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang memiliki ciri khas dan memiliki aroma harum sekali. Bunga cempaka berasal dari Negara india dan asia tenggara ini memang banyak sekali yang menyukainya, selain dapat mempercantik perkarangan rumah bunga juga sangat sedam bila di pandang mata.

Menanam dan Merawat Bunga Cempaka
Bunga Cempaka Putih

Tanaman bunga cempaka termasuk golongan yang memiliki batang keras atau kayu-kayuan. Bunga cempaka dapat tumbuh tinggi dan besar, biasanya tanaman ini memiliki umur yang panjang. Tanaman Cempaka banyak yang menggemari, dari anak anak , muda mudi dan bahkan sampai kalangan tua, bunga cempaka memiliki warna putih, kuning dan merah. Namun yang paling popular adalah cempaka kuning, sedangkan cempaka merah jarang sekali dapat kita jumpai.
Cara penanaman dan perawatan bunga ini sangat mudah sekali, perawatannya tidak akan menyita waktu anda, karena begitu mudahnya. Berikut ini cara menanam dan merawat bunga cempaka.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka yang Baik
Bunga Cempaka Kuning


  • Cara menanam bunga cempaka
    Cempaka Merah

Terdapat banyak macam penanaman cempaka, yaitu Menanam bunga cempaka dapat anda lakukan di media pot, polibet, atau tanah langsung yang ada di halaman rumah anda. Yang perlu di ingat dalam menanam bunga cempaka adalah menanam di area yang mudah terkena sinar matahari. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, siapkan benih bunga cempaka dapat anda menggunakan biji bunga atau menggunakan bibit bunga cempaka dari cara penyangkokan atau stek. 
  2. Kedua, Media tanam yang di gunakan adalah media tanah yang baik , subur dan mengandung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Anda dapat menggunakan tanah berpasir yang baik dengan di campurkan pupuk kompos untuk menambah kandungan nutrisi tanah
  3.  Ketiga, Jika anda menggunakan pot atau polibet sebagai wadah untuk menanam bunga cempaka, sebaiknya wadah tersebut memiliki lubang di bagian bawahnya yang tidak terlalu besar. Tujuannya untuk keluarnya air pada saat waktu penyiraman.
  4.  Keempat, Lubangi bagian tengah tanah dengan kedalam yang sesuai dengan bibit bunga cempaka, kemudian masukan bibit bunga dan tutup kembali dengan tanah. Janga lupa untuk memberikan tiang penyangga agat dapat berdiri tegak, anda bisa menggunakan kayu atau pun bamboo yang lurus.
  • Cara Perawatan Bunga Cempaka
    Cempaka Ungu
Cara merawatnya tidaklah sulit, ada beberapa cara alternative untuk merawat bunga cempaka agar mendapatkan bunga yang lebih maksimal. Langsung saja berikut ini cara merawat bunga cemapaka.

  1. Pencahayaan sinar matahari, Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup banyak. Untuk sebaiknya anda meletakan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari dan sejuk baik di pagi hari maupu di sore hari.
  2. Pemupukan secara teratur, Pohon bunga cempaka ini dapat tubuh besar dan batang-batangnya yang keras, tidak menutup kemungkinan bunga cempaka membutuhkan asupan nutrisi dari pupuk yang cukup banyak di bandingkan tanaman hias lain. Anda dapat memberikan pupuk dalam waktu satu sampai dua bulan sekali, pupuk yang dapat anda berikan seperti pupuk organic maupun kimia.
  3. Pengairan secara teratur, Pada saat musim hujan anda tidak melakukan penyiraman bunga cempaka tidak apa-apa, karena memang bunga cempaka berbeda dengan tanaman hias lainnya. Namun jika pada waktu musim panas anda harus tetap menyiram bunga cempaka agar dapat tumbuh subur dan memiliki bunga yang sangat cantik dan harum. Jika bunga cempaka kekurangan air maka tanaman akan kering dan bunga tidak akan tumbuh sempurna. Jadi tidak ada salahnya melakukan penyiraman.
  4. Pemangkasan/Pengrapihan, Atur dengan cara pemangkasan ruas, atau batang. Untuk pemangkasan bunga cempaka anda dapat melakukan pemangkasan batang-batang atau daun yang sudah layu dan kering saja. Sehingga batang yang baru dapat tumbuh dengan cepat,selain itu anda juga dapat memetik tunas-tunas yang baru tumbuh tersebut.

Sekian Ilmu yang dapat saya bagikan tentang bagaimana Cara Penanaman dan Perawatan Bunga Cempaka yang terbaik di kalangan rumah tangga maupun untuk budidaya.


0 Response to "Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka atau Kantil Terbaik"

Post a Comment