materi ekonomi makro menurut pandangan pribadi

malam ini saya akan mempostingkan materi ekonomi makro menurut pandangan pribadi gays, jadi jangan dijadikan dasar paling utama ya gays, oya lebih lengkapnya langsung aja baca materi dibawah ini gays...
 
Yang saya ketahui tentang ekonomi makro adalah ekonomi makro merupakan ilmu yang mempelajari perilaku seluruh perekonomian, menganalisis pertumbuhan jangka panjang, seperti juga pergerakan siklus dan total output, pengangguran dan inflasi, penawaran uang dan deficit, budged dan perbandingan nasional.
Urgensi saya mempelajari ekonomi makro adalah Dengan mempelajari ekonomi makro kita dapat mengetahui bagaimana  kegunaan ekonomi untuk menunjukkan masalah – masalah ekonomi serta kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian umum perekonomian.

Perbedaan mendasar antara ruang lingkup kajian teori mikro ekonomi dan makro ekonomi adalah Mikro ekonomi yaitu Mempelajari variabel – variabel ekonomi dalam lingkup kecil, misalnya perusahaan, rumah tangga. Ekonomi mikro juga mempelajari bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa dan Ruang lingkup kajian ekonomi mikro adalah produsen dan konsumen. Dalam dunia ekonomi yang nyata adalah individu – individu pada rumah tangga keluarga, masyarakat atau perusahaan. Makro ekonomi yaitu mengkaji mempelajari variabel – variabel ekonomi secara agregat ( keseluruhan ). Variabel – variabel yang juga berdampak atas beragam tindakan pemerintah tersebut, antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi dan Ruang lingkup kajian ekonomi makro adalah usaha masyarakat dan pemerintah dalam mengelola faktor – faktor  produksi yang tersedia dan secara efisien.
Penyebab orang berkeinginan kuat memegang uang selain untuk bertransaksi adalah yang pertama yaitu Motif Berjaga-jaga, Uang digunakan sebagai alat untuk menghadapi ketidak pastian akan kebutuhan di masa mendatang. Jumlah uang yang dijadikan alat untuk berjaga – jaga ditentukan oleh banyaknya transaksi yang akan terjadi di masa mendatang. Hal lain dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan nasional. Semakin tinggi pendapatan seseorang, maka tingkat kesadaran terhadap masa depan akan semakin tinggi. Yang kedua Motif Spekulatif, Uang merupakan alat ukur kekayaan. Sehingga salah satu alasan seseorang memegang uang adalah untuk alasan spekulatif. Yang ketiga yaitu Untuk Mendapatkan Keuntungan / Berinvestasi, Arti spekulasi adalah spekulasi dalam pembelian dan penjualan surat-surat berharga. Motif ini dipengaruhi oleh tingkat suku bunga. Apabila tingkat suku bunga naik, maka harga surat-surat berharga akan turun. Jadi naiknya tingkat suku bunga akan menaikkan permintaan untuk spekulasi dan sebaliknya. Sehingga akan menghasilkan suatu keuntungan yang lebih dimasa yang akan mendatang.
Masalah utama dalam perekonomian di Indonesia dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah adalah sebagai berikut :
Masalah kemiskinan, yakni kesenjangan  ekonomi atau ketimpangan dalam distribusi pendapatan antara kelompok masyarakat berpendapatan tinggi dan kelompok masyarakat berpendapatan rendah. Kemiskinan terjadi diakibatkan banyaknya orang yang sulit mencari pekerjaan yang lebih untuk memenuhi kehidupan sehari – harinya.
Masalah Pengangguran, pengangguran terjadi karena banyaknya orang – orang yang mengalami kurangnya suatu pekerjaan dalam lingkup suatu daerah. Pada umumnya pengeluaran agregat yang terjadi lebih rendah dari pada pengeluaran agregat yang diperlukan untuk mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja penuh. Dalam hal ini, pemerintah harus menyediakan lapangan kerja yang luas agar dalam usia produktif para penganggur ini dapat bekerja dan perekonomian suatu negara berjalan dengan stabil.
Masalah Inflasi, Inflasi adalah suatu proses kenaikan harga-harga yang berlaku dalam suatu perekonomian.inflasi sangat mempengarusi perekonomian masyarakat. Inflasi yang tidak dapat diatasi bisa mengurangi investasi, ekspor, dan menaikkan impor sehingga mengganggu jalannya perekonomian. Dalam menangani masalah ini pemerintah harus membuat suatu kebijakan dalam mengatur suatu harga ekonomi dalam pasar, yakni kebijakan fiskal dan moneter.

0 Response to "materi ekonomi makro menurut pandangan pribadi"

Post a Comment