Makalah Pasar Uang .doc


Makalah Pasar Uang .doc
1.      Pasar uang adalah pasar dimana surat – surat berharga jangka pendek diperdagangkan.
2.      Pasar uang, sebagai transaksi pinjam meminjam atau jual beli dengan menggunakan surat – surat berharga yang lazim diperdagangkan dengan jangka waktu transaksi kurang dari satu tahun, baik atas dasar valuta domestik maupun valuta asing.
3.      Pasar uang menyediakan pembelanjaan jangka pendek yang dilakukan atas dasar pinjaman.
4.      Pasar uang juga diartikan sebagai pasar yang mempertemukan pihak yang menawarkan dana ( investor/kreditor ) dan pihak yang memerlukan dana ( debitur ) jangka pendek ( < 1 tahun ).

Pasar uang (money market) adalah keseluruhan permintaan dan penawaran dana-dana atau surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun dan dapat disalurkan melalui lembaga-lembaga perbankan.Pasar uang sering juga disebut pasar kredit jangka pendek.
Pasar uang juga bisa diartikan sebagai suatu tempat pertemuan abstrak dimana para pemilik dana jangka pendek dapat menawarkan kepada calon pemakai yang membutuhkannya, baik secara langsung maupun melalui perantara. Sedangkan yang dimaksud dengan dana jangka pendek adalah dana-dana yang dihimpun dari perusahaan maupun perorangan dengan batasan waktu dari satu hari sampai satu tahun, yang dapat diperjual-belikan didalam pasar uang.

0 Response to " Makalah Pasar Uang .doc"

Post a Comment